Cendikia bersama kalam  Sang Maha Pemberi Karunia

Cendikia bersama kalam Sang Maha Pemberi Karunia

  Science

Ketika berjalan di atas bumi, seseorang tentu memerlukan panduan dalam menjalani kehidupan, bukan semata hanya bernafas dan memenuhi kebutuhan alamiahnya saja sebagai manusia. Begitupun Allah Subhanahu Wata’ala Maha Mengetahui apa saja yang dibutuhkan hamba-Nya dalam menapaki kehidupan ini, dunia yang mana sebagai perantara dan menjadi penentu kesuksesan di akhirat kelak, juga agar menjadi cendikia dalam menghadapi persoalan-persoalan yang dihadapinya, maka dari itu hamba-Nya dibekali dengan Al-Qur’anul Karim yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad Solallahu alaihi wasallam dan diamalkan sampai akhir zaman.

Banyak keutamaan Al-Qur’an yang sangat berharga ketika membacanya maupun ketika mengamalkannya, seperti dalam surah Fathir ayat 29-30 yang artinya “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” Allah Subhanahu Wata’ala menyebutkan bahwa hamba-Nya yang senantiasa membaca al-Qur’an tidak akan pernah merugi, dimana bisa mendatangkan kebaikan dunia dan akhirat, menyempurnakan pahala dan diberikan karunia oleh-Nya. Terlebih bagi orang-orang yang menjaga al-Qur’an dengan cara menghafalnya dari waktu ke waktu, karena mereka insyaAllah semakin dekat dengan Allah Subhanahu Wata’ala juga semakin dekat dengan rahmat-Nya.

Di Sekolah Qur’an Indonesia Megamendung, selain siswa-siswi belajar tentang kepesantrenan, mereka juga mempelajari mata pelajaran umum seperti sekolah-sekolah pada umunya. Dengan demikian, selain untuk menghafal al-Qur’an siswa juga harus bisa menyeimbangkan antara ilmu agama dan ilmu pengetahuannya. Membiasakan menghafal al-Qur’an sejak dini juga ternyata dapat meningkatkan kecendikiaan/kecerdasan dalam berfikir mengenai hal-hal lainnya, termasuk memahami pelajaran-pelajaran didalam kelas. Menurut Pamungkas Stiya Mulyani dan Sri Jumini dalam sebuah jurnal penelitian memaparkan bahwa Kemampuan menghafal AlQur’an melatih anak untuk berkonsentrasi tinggi. Semakin banyak ayat yang bisa dihafal oleh anak dan hafalannya ini terpelihara dengan baik, berarti konsentrasi anak akan semakin tinggi. Pada umumnya semakin banyak ayat yang dihafal, semakin cepat untuk menghafal ayat-ayat lainnya. Hal ini mengindikasikan bahwa terjadi proses perbaikan konsentrasi menjadi semakin tinggi, apabila semakin banyak ayat-ayat Al Qur’an yang dihafal. Konsentrasi yang tinggi akan melatih anak untuk memiliki kemampuan berfikir tingkat tinggi yang baik. (Pamungkas Stiyamulyani, 2018)

Menghafal Al-Qur’an dan peningkatan kecerdasan sangat erat kaitannya, saat berlatih menghafal al-Qur’an, seseorang dapat melatih konsentrasinya menjadi lebih baik dari hari ke hari, terlebih sangat banyak keutamaan yang bisa kita dapatkan saat mengamalkannya, yaitu diantaranya mendapat ketenangan, rahmat dan Allah Subhanahu Wata’ala memuji suatu kaum yang melantunkan ayat-ayat Al-Qur’an, serta malaikat akan melingkarinya. Dari Abu Hurairah RA, ia berkata: “Rasulullah SAW. bersabda, “Tidaklah suatu kaum berkumpul dalam salah satu rumah dari rumah-rumah Allah (masjid), untuk membaca Al-Qur’an dan mempelajarinya, kecuali akan diturunkan kepada mereka ketenangan, dan mereka dilingkupi rahmat Allah, para malaikat akan mengelilingi mereka dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di hadapan makhluk-Nya yang berada didekat-Nya (para malaikat) (H.R.Muslim).

Seseorang yang membaca, menghafal, dan mempelajari al-Qur’an tidak hanya cendikia dalam bersaing dalam ilmu agama, namun mampu bersaing dalam ilmu ilmiah untuk menghadapi tantangan di masa depan. Semoga kita senantiasa selalu didekatkan dengan al-Qur’an dan mempelajarinya, mengamalkannya, dan mendapatkan karunia dari Sang Maha Pemberi Karunia, amiin ya robbal alamiin.



Sumber    :

Pamungkas Stiyamulyani, S. J. (2018). Pengaruh Menghafal Al-Qur'an terhadap Highorder Thinking Skill (HOTS) ditinjau dari Motivasi Berprestasi Mahasiswa. Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 25-40.

https://www.inews.id/lifestyle/muslim/hadits-keutamaan-belajar-alquran/all

https://muslim.or.id/8669-keutamaan-membaca-al-quran.html

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

Ketika kita melepas anak-anak kita ke sebuah pesantren saya melihat SQI sudah berusaha untuk secara ... selengkapnya

-Ust.Budi Darmawan,Tokoh Parenting,suami alm.ustzh Yoyoh Yusroh ( ayah dari Rahma Rahimah,kelas 8 akh

Subhaanallah...para asatidz SQI mendidik santri dengan hati, membinamereka dengan cinta, hal itu ta... selengkapnya

-Ayah dari Rafah (Ulama, Aleg Kota Depok tahun 2009 - 2014)

Metode yang di kelola oleh Sekolah Qur'an Indonesia bagus. Awalnya anak saya yang butuh metode dan ... selengkapnya

-Ani Rosyidah

Sangat bagus, pendekatan secara personal, semoga Sekolah Qur'an Indonesia menjadi lebih baik dan per... selengkapnya

-Ustadz Mahfudz Shiddiq

Facebook

Kontak

Bantuan

Subscribe

Back to Top